Keputusan Mahkamah Konstitusi: Saleh-Amran Tetap Pemenang Pemilukada Tolitoli

Majelis hakim yang terdiri dari sembilan hakim konstitusi sepakat memutuskan untuk menolak permohonan sengketa Pemilukada Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, yang dimohonkan pasangan Iskandar A Nasir dan Supratman Andi Agtas.

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Ketua Majelis MK Moh. Mahfud MD dalam sidang pleno saat membacakan putusan di ruang sidang MK, Selasa (31/8).

Dengan putusan ini, maka keputusan KPUD Tolitoli tentang hasil rekapitulasi penghitungan suara tertanggal 5 Agustus 2010, yang memenangkan pasangan Saleh Bantilan dan Amran H Yahya tetap dinyatakan sah. Karenanya, putusan itu semakin memperkuat kemenangan pasangan Saleh Bantilan dan Amran H. Yahya untuk menjadi bupati dan wakil bupati 2010 terpilih.

Dalam putusannya, Mahkamah berkesimpulan semua dalil permohonan bahwa telah terjadi sejumlah pelanggaran tak terbukti dan tak beralasan hukum. Seperti coblos tembus yang tak disahkan oleh KPUD Tolitoli sebanyak 5.923 suara di 74 dari 420 TPS. Selain itu tuduhan Amran H Yahya pernah dipidana, menurut Mahkamah meski terbukti melanggar Pasal 359 ayat (3) KUHP namun, tindak pidana yang dilakukan Amran termasuk kategori kelalaian. (http://hukumonline.com)