KELOMPOK SENI DARI TOLITOLI(SINGGAIAN)

Kota yang berjuluk Kota Cengkeh mempunyai satu kelompok seni,yang mana pendirian kelompok seni bertujuan melestarikan kebudayaan kota cengkeh ini,tujuan lain berdirinya kelompok seni ini adalah sebagi duta daerah untuk memperkenalkan kota Tolitoli ke luar daerah bahkan ke mancanegara.
Kelompok ini pada awalnya bernama kelompok seni pariwisata, dimana anggotanya lebih banyak di dominasi karyawan Dinas Kebudayaan & Pariwisata dan kebetulan Binaan dari Bapak Drs. Ibrahim Saudah yg merupakan Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya pada waktu itu, seiring berjalannya waktu dari tahun 2004 – 2009 kelompok tersebut beberapa kali berganti personil setiap pentas di beberapa even seni budaya yg ada di sulawesi tengah maupun even-even nasional.
Pada tahun 2009 ketika kelompok seni ini tampil di Even Djogjakarta Gamelan Festival sekitar bulan Juli tahun 2009 maka nama Kelompok Seni Pariwisata di rubah menjadi Kelompok Seni Singgaian yang merupakan Ide dari salah satu seniman tolitoli dan merupakan kepala Bidang Seni dan Budaya yaitu Bapak Akhiruddin J, Umar. SH. dibawah Binaan Bapak Hasan Dg Manippi merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata periode 2008 s/d sekarang.. kelompok seni ini sudah beberapa kali mengikuti even even terbesar yang ada si Sulawesi Tengah seperti Pekan Budaya Propinsi dan even even nasionl.Even yang pernah di Ikuti Kelompok Seni Singgaian di antaranya :
1. Pekan Budaya Propinsi (even tahunan sulteng) dari Tahun 2002 s/d sekarang )
2.Festival Danau Poso (even tahunan) Sulawesi Tengah)
3. Sulawesi Expo 2007 Di JCC Jakarta Tahun 2007
4. Pementasan Musik Tradisional dalam rangka HUT RI DiIstana Merdeka Tahun 2007
5. Pementasan Musik di Nusa dua Fiesta Bali Tahun 2007
6. Pementasan Seni Di Taman Mini Indonesia Indah Tahun 2008
7. Djogjakarta Gamelan Festival di Djogjakarta Tahun 2009
dan masih banyak kegiatan seni yang di adakan di lokalan Tolitoli sendiri yang di ikuti kelompok Seni Singgaian Tolitoli..