DESA SABANG

Desa Sabang adalah sebuah desa yang bernaung di Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.
Mayoritas penduduk Desa ini dihuni Suku Bugis, yang berasal dari Kabupeten Bone, yang telah bermukim sejak puluhan tahun. Penduduk di desa ini sebagaian besar bekerja pada sektor pertanian dan perkebunan.

Desa Sabang merupakan desa yang masuk wilayah Kabupaten Tolitoli. Desa ini memiliki obyek wisata pantai yang sangat eksotik. Pantai ini terletak dapat ditempuh dengan kendaraan darat dari jantung Kota Tolitol yang jaraknya tidak kurang dari 15 Km. Kondisi jalan menuju ke lokasi ini sangat bagus dan sangat terawat dengan pemandangan sisi kanan dan kiri hamparan sawah, dan perkebunan cengkeh.
Keunggulan Desa Sabang ada pada sumber mata air bersihnya [berjumlah tiga buah] yang berasal dari pegunungan, yang menjadi sumber kehidupan, baik untuk urusan rumah tangga [minum, makan, mencuci], pertanian [perkebunan kelapa, buah-buahan dll], dan perikanan [tambak atau empang ikan air tawar atau air laut].

Tidak hanya itu Desa Sabang [dulu kala di kenal dengan Desa Sabang-Tende], dikenal sebagai “desa santri”, sehingga tidak heran setiap ulama yang datang ke Kabupaten Tolitoli menyempatkan diri bermalam di desa ini, contohnya KH. Ambbo Dalle, Imam Masjid Raya Sulawesi Selatan dll. Tidak heran bila kemudian di masyarakat bugis Sulsel sangat akrab dengan nama desa ini.

Desa Sabang juga merupakan “Ikon Utama Pariwisata Kabupaten Tolitoli” karena satu-satunya pantai yang sangat indah di daerah ini dengan hamparan pasir putih dan dua buah pulau yang eksotik dan menawan.

Pantai Desa Sabang memiliki air laut yang jernih, pepohonan yang rindang di tepi pantai di tambah lagi air pegunungan yang jernih dan alami yang mengalir langsung dari pegunungan.

Keunggulan pantai ini yakni dua buah pulau yang disebut masyarakat sekitar dengan Pulau Sabang-Tende dan Pulau Madda’aung. Kedua pulau sangat indah dan eksotik yang dapat menjadi tempat untuk rekreasi dan memancing serta bermalam/kemping. Pantai Sabang tidak kalah jauh eksotiknya dengan beberapa pantai yang sudah kita kenal seperti di Bali, Bangka Belitung dll yang ada di Indonesia.

Jarak kedua pulau dari bibir pantai hanya sekitar 300 m yang dapat ditempuh dengan Perahu Nelayan atau kalau air laut surut, bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari bibir pantai. Pantai Sabang juga menjadi “IKON” pariwisata Kota Tolitoli 2008 yang diharapkan dapat menarik wisatawan lokal atau domestik serta mancanegara untuk berkunjung.
Pantai Sabang juga menawarkan terumbu karang dan ikan dari berbagai jenis yang tidak kalah eksotik dan indahnya dengan Bunaken di Manado, yang sangat cocok untuk penyelaman atau diving.

(wikipidia)