Selamat Datang Di Kota Cengkeh


Kota cengkeh adalah salah satu kota yang bersih dan indah,bila kita memasuki kota ini Lewat jalur laut maka kita akan di suguhi pemandangan yang sangat indah dan tak dapat di lukiskan dengan kata-kata.

Baru mamasuki kota ini saja , kita  sudah tersuguhi dengan pemandangan dari jejeran gunung-gunung yang bak di hiasi dengan indahnya dengan pohon cengkehnya.Umumnya jejeran gunung tersebut di Tanami dengan pohon-pohon cengkeh oleh masyarakat yang tinggal di kabupaten ini.

Selain jajaran gunung yang dipenuh dengan pohon-pohon cengkehnya,maka pemandangan yang tak kalah menariknya juga, kita akan dapatkan  dilaut… pada saat kita mendekati  pelabuhan kota cengkeh ini.Dimana di laut kita akan tersuguhi dengan pemandangan dari aktifitas nelayan-nelayan kota cengkeh ini.

Belum lagi kita akan melihat kapal-kapal penangkap ikan juga bagang-bagang dari para nelayan terlihat seperti di atur saat memasuki pelabuhan di kota cengkeh ini.

Sungguh suatu pemandangan yang sangat indah dan natural sekali.

Dan saat kita tidak lama lagi sandar di palabuhan kota cengkeh ini maka di depan kita sepertinya kita akan di hadang sebuah pulau.Masyarakat kota cengkeh ini,menyebut pulau tersebut dengan Pulau Lutungan,Pulau Lutungan ini juga merupakan salah satu tempat bersejarah di kabupaten Tolitoli.Karena di Pulau ini terdapat makam Raja  Tolitoli,bahkan ada kepercayaan dari sebagian masyarakat Tolitoli bahwa Pulau ini adalah Pulau Keramat.

Setelah melewati pulau tersebut maka kita langsung akan melihat dermaga kota cengkeh ini,

artinya sebentar lagi kita akan sampai dan turun di kota  yang berjuluk kota cengkeh ini.

Anda akan di sambut dengan penuh ramah- tamah dan senyum di kota ini.Seakan-akan masyarakat kota ini berkata “SELAMAT DATANG DI KOTA  INDAH DAN DAMAI INI”